Andika Dwi Cahyani
1KA19
Sistem Informasi 2012
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa. Karena rahmat dan hidayah-Nya, penulis diberi kemudahan untuk mengerjakan tugas
softskill Ilmu Sosial Dasar dengan judul ”Ilmu
Sosial Dasar Bidang Pendidikan” Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah
satu tugas softskill pada tingkat 1.
Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam makalah
ini, maka dari itu saran dan kritik sangat diharapkan guna perbaikan penulisan
di masa yang akan datang.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu proses pembuatan karya tulis ini, yaitu :
1.
Allah
S.W.T yang telah melindungi dan menemani
penulis setiap saat.
2. Kedua orang tua penulis yang selalu memberikan perhatian
dan motivasi serta doa setiap saat.
3. Ibu Ira Windarti, selaku dosen Ilmu Sosial Dasar. Yang
telah menjelaskan tata cara pembuatan makalah ini.
4. Teman-teman 1KA19 yang selalu mengingatkan tugas.
5. Dani Dwi Darmawan, yang selalu memberikan semangat kepada
penulis.
6. Semua pihak yang
tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah membantu dalam
menyelesaikan makalah ini.
Demikianlah makalah ini , harapan penulis sangat
sederhana, yaitu semoga para pembaca makalah ini akan mendapatkan banyak
informasi dan pengetahuan yang baru dari makalah ini.
Depok, 16 Oktober 2012
Penulis,
Andika Dwi Cahyani
ABSTRAKSI
Manusia adalah sosok makhluk
ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia
membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang
sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk
sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri.
DAFTAR ISI
-
KATA
PENGANTAR
-
ABSTRAKSI
-
DAFTAR
ISI
-
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Pembatasan Masalah
1.4 Tujuan Penulisan
1.5 Manfaat Penulisan
1.6 Metodologi Penulisan
- BAB II LANDASAN TEORITIS
2.1
Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan
2.2
Tujuan Pokok Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan
2.3
Fakta permasalahan sosial yang terdapat di masyarakat
2.4 Dalam Bidang
Pendidikan Persamaan dan Perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu
Pengetahuan Sosial
- BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
3.2
Saran
- DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya
diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain
untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu
manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Pendidikan merupakan tiang dari generasi penerus bangsa. Maka dari
itu Setiap generasi penerus bangsa harus di perkenalkan dengan ilmu social dasar,
dan output dari perkenalan tersebut di harapkan setiap generasi penerus dapat
merasakan dampak positif dari ilmu sosialissasi bagi pendidikan tersebut.
Ilmu pendidikan termasuk sebagai salah satu ilmu sosial yang
memiliki keterkaitan dengan ISD ( Ilmu Sosial Dasar). Oleh karena itu, dalam
makalah ini akan membahas dan menguraikan tentang ilmu sosial dasar dalam
pendidikan.
1.2 Perumusan Masalah
Dari latar belakang yang
sudah dibuat, dapat dirumuskan dengan pertanyaan, sebagai berikut:
1. Bagaimana
hubungan antara ilmu sosial dasar dengan pendidikan?
2. Apakah Dampak dari tidak
adanya ilmu socsal dasar dalam pendidikan?
3. Bagaimana peranan sosial
dasar dalam pendidikan?
1.3 Pembatasan Masalah
Dari
masalah diatas dapat dibatasi yaitu “Menentukan hubungan dan Peranan dari Ilmu
Sosial Dasar dalam Bidang Pendidikan serta mengetahui dampak tidak adanya Ilmu
Sosial Dasar dalam Pendidikan”
1.4 Tujuan Penulisan
1.
Untuk menentukan hubungan ilmu sosial dasar dengan pendidikan.
2.
Untuk mengetahui dampak dari tidak adanya ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.
3.
Untuk mengetahui peranan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.
1.5
Manfaat
Penulisan
Manfaat Penulis
1.
Penulis dapat mengetahui hubungan ilmu sosial dasar dengan pendidikan.
2.
Lebih paham mengenai peranan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.
3.
Mengetahui dampak dari tidak adanya ilmu sosial dasar pada pendidikan.
Manfaat Umum
1. Menambah
wawasan tentang hubungan ilmu sosial dasar dengan pendidikan.
2. Dapat
lebih jauh mengetahui peranan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.
1.6 Metodologi Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam makalah ini, yaitu
metode deskripsi analisi. Metode tersebut merupakan metode yang memberikan
gambaran objektif serta membahasnya secara lengkap yang dilakukan dengan
mengumpulkan data dari website
BAB
II
LANDASAN TEORITIS
2.1 Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan
Filsafat dan tujuan pendidikan Filsafat pendidikan mengandung
nilai-nilai atau cita-cita masyarakat. Berdasarkan cita-cita tersebut
terdapat landasan, mau dibawa kemana pendidikan anak. Dengan kata lain,
filsafat pendidikan merupakan pandangan hidup masyarakat. Filsafat pendidikan
menjadi landasan untuk merancang tujuan pendidikan, prinsip-prinsip
pembelajaran, serta pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan
pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan
manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan.
Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan
pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum
yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap
kegagalan pendidikan itu sendiri.
Sosial budaya dan agama tidaklah terlepas dari
kehidupan kita. Keadaan sosial budayalah yang sangat berpengaruh pada diri
manusia, khususnya sebagai peserta didik. Sikap atau tingkah laku seseorang
sebagian besar dipengaruhi oleh interaksi sosial yang membuat sseeorang untuk
bertingkah laku yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar.
Agama yang membatasi tingkah laku kita juga sangat besar pengaruhnya dalam
membuat suatu kurikulum.
2.2 Tujuan pokok ilmu sosial dasar dalam pendidikan
Tujuan umum
diselenggarakannya pendidikan Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan
kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran
mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya
gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap,
presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam. Selain itu untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.3 Fakta permasalahan sosial yang terdapat di masyarakat
Masalah sosial adalah
suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang
membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi benterokan antara
unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti
kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
2.4 Dalam Bidang Pendidikan Persamaan dan Perbedaan antara
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
- Adapun Persamaan Antara Keduanya :
-Merupakan bahan studi untuk kepentingan program studi pendidikan
/ pengajaran
-Disiplin ilmu yang berdiri sendiri
-Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan masalah sosial
- Adapun Perbedaan Antara Keduanya :
- Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi,
sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan
Sekolah Lanjutan.
- Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan
kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan
pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
BAB
III
PEMBAHASAN
Manusia adalah sosok makhluk
ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia
membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang
sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk
sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Jadi, Ilmu Sosial Dasar
dengan Psikologi dapat disimpulkan memiliki hubungan dan peranan yang sangat
penting dalam kehidupan pelajar maupun mahasiswa lainnya. Karena dengan
mempelajari ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan kita dapat mendapat
wawasan yang lebih baik lagi dan dapat menjauh kan pada dampak-dampak yang
tidak baik.
4.2 Saran
Kita sebagai makhluk
sosial harus menerapkan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan, agar dapat
memiliki wawasan yang luas dan baik dengan bersosialisasi antar pelajar dan
mahasiswa lain nya yang memiliki pemikiran yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
http://dodimaulanaf.wordpress.com/2011/12/01/makalah-6-ilmu-sosial-dasar-dalam-sosiologi/
http://www.anakciremai.com/2009/02/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-sistem.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar