Kamis, 29 November 2012

Makalah ISD "ILMU SOSIAL DASAR BIDANG PENDIDIKAN”

 

Andika Dwi Cahyani
1KA19
Sistem Informasi 2012

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena rahmat dan hidayah-Nya, penulis diberi kemudahan untuk mengerjakan tugas softskill Ilmu Sosial Dasar dengan judul ”Ilmu Sosial Dasar Bidang Pendidikan” Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas softskill pada tingkat 1.
Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini, maka dari itu saran dan kritik sangat diharapkan guna perbaikan penulisan di masa yang akan datang.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan karya tulis ini, yaitu :
1.      Allah S.W.T  yang telah melindungi dan menemani penulis setiap saat.
2.    Kedua orang tua penulis yang selalu memberikan perhatian dan motivasi serta doa setiap saat.
3.  Ibu Ira Windarti, selaku dosen Ilmu Sosial Dasar. Yang telah menjelaskan tata cara pembuatan makalah ini.
4.     Teman-teman 1KA19 yang selalu mengingatkan tugas.
5.      Dani Dwi Darmawan, yang selalu memberikan semangat kepada penulis.
6.  Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikianlah makalah ini , harapan penulis sangat sederhana, yaitu semoga para pembaca makalah ini akan mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan yang baru dari makalah ini.
Depok,  16 Oktober 2012

     Penulis,
Andika Dwi Cahyani

ABSTRAKSI

Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri. 


DAFTAR ISI

-          KATA PENGANTAR
-          ABSTRAKSI
-          DAFTAR ISI
-          BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Pembatasan Masalah
1.4  Tujuan Penulisan
1.5  Manfaat Penulisan
1.6  Metodologi Penulisan
- BAB II LANDASAN TEORITIS
            2.1 Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan
            2.2 Tujuan Pokok Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan
            2.3 Fakta permasalahan sosial yang terdapat di masyarakat 
2.4 Dalam Bidang Pendidikan Persamaan dan Perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu
      Pengetahuan Sosial
- BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan
            3.2 Saran
- DAFTAR PUSTAKA
 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. 
Pendidikan merupakan tiang dari generasi penerus bangsa. Maka dari itu Setiap generasi penerus bangsa harus di perkenalkan dengan ilmu social dasar, dan output dari perkenalan tersebut di harapkan setiap generasi penerus dapat merasakan dampak positif dari ilmu sosialissasi bagi pendidikan tersebut. 
Ilmu pendidikan termasuk sebagai salah satu ilmu sosial yang memiliki keterkaitan dengan ISD ( Ilmu Sosial Dasar). Oleh karena itu, dalam makalah ini akan membahas dan menguraikan tentang ilmu sosial dasar dalam pendidikan. 

1.2    Perumusan Masalah
Dari latar belakang yang sudah dibuat, dapat dirumuskan dengan pertanyaan, sebagai berikut:
1.      Bagaimana hubungan antara ilmu sosial dasar dengan pendidikan?
2.      Apakah Dampak dari tidak adanya ilmu socsal dasar dalam pendidikan?
3.      Bagaimana peranan sosial dasar dalam pendidikan?

1.3     Pembatasan Masalah  
    Dari masalah diatas dapat dibatasi yaitu “Menentukan hubungan dan Peranan dari Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Pendidikan serta mengetahui dampak tidak adanya Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan”

1.4    Tujuan Penulisan
1. Untuk menentukan hubungan ilmu sosial dasar dengan pendidikan.
2. Untuk mengetahui dampak dari tidak adanya ilmu sosial dasar dalam bidang  pendidikan.
3. Untuk mengetahui peranan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.

1.5       Manfaat Penulisan

Manfaat Penulis
1. Penulis dapat mengetahui hubungan ilmu sosial dasar dengan pendidikan.
2. Lebih paham mengenai peranan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.
3. Mengetahui dampak dari tidak adanya ilmu sosial dasar pada pendidikan.
Manfaat Umum
1.      Menambah wawasan tentang hubungan ilmu sosial dasar dengan pendidikan.
2.      Dapat lebih jauh mengetahui peranan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan.

1.6      Metodologi Penulisan

Metode penulisan yang digunakan dalam makalah ini, yaitu metode deskripsi analisi. Metode tersebut merupakan metode yang memberikan gambaran objektif serta membahasnya secara lengkap yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari website


BAB II
    LANDASAN TEORITIS


2.1 Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan



Filsafat dan tujuan pendidikan Filsafat pendidikan mengandung nilai-nilai atau cita-cita masyarakat. Berdasarkan cita-cita tersebut terdapat landasan, mau dibawa kemana pendidikan anak. Dengan kata lain, filsafat pendidikan merupakan pandangan hidup masyarakat. Filsafat pendidikan menjadi landasan untuk merancang tujuan pendidikan, prinsip-prinsip pembelajaran, serta pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri. 
Sosial budaya dan agama tidaklah terlepas dari kehidupan kita. Keadaan sosial budayalah yang sangat berpengaruh pada diri manusia, khususnya sebagai peserta didik. Sikap atau tingkah laku seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh interaksi sosial yang membuat sseeorang untuk bertingkah laku yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar. Agama yang membatasi tingkah laku kita juga sangat besar pengaruhnya dalam membuat suatu kurikulum.


2.2 Tujuan pokok ilmu sosial dasar dalam pendidikan 

Tujuan umum diselenggarakannya pendidikan Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam. Selain itu untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
 

2.3   Fakta permasalahan sosial yang terdapat di masyarakat 

Masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi benterokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

2.4  Dalam Bidang Pendidikan Persamaan dan Perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial :


  • Adapun Persamaan Antara Keduanya :

-Merupakan bahan studi untuk kepentingan program studi pendidikan / pengajaran
-Disiplin ilmu yang berdiri sendiri
-Mempunyai materi  yang terdiri dari  kenyataan sosial  dan masalah sosial


  • Adapun Perbedaan Antara Keduanya :

-  Ilmu Sosial Dasar  diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan  di Sekolah Dasar dan Sekolah  Lanjutan.
- Ilmu Sosial Dasar merupakan  satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan  kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.


BAB III
PEMBAHASAN

Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu sendiri. 
 

BAB IV
PENUTUP

4.1    Kesimpulan
Jadi, Ilmu Sosial Dasar dengan Psikologi dapat disimpulkan memiliki hubungan dan peranan yang sangat penting dalam kehidupan pelajar maupun mahasiswa lainnya. Karena dengan mempelajari ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan kita dapat mendapat wawasan yang lebih baik lagi dan dapat menjauh kan pada dampak-dampak yang tidak baik.

4.2     Saran
Kita sebagai makhluk sosial harus menerapkan ilmu sosial dasar dalam bidang pendidikan, agar dapat memiliki wawasan yang luas dan baik dengan bersosialisasi antar pelajar dan mahasiswa lain nya yang memiliki pemikiran yang baik.


DAFTAR PUSTAKA

http://ebookbrowse.com/makalah-pengajaran-nilai-nilai-dalam-pendidikan-ilu-ilmu-sosial-pdf-d337750458
http://dodimaulanaf.wordpress.com/2011/12/01/makalah-6-ilmu-sosial-dasar-dalam-sosiologi/
http://www.anakciremai.com/2009/02/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-sistem.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar