Andika Dwi Cahyani
1KA19
Sistem Informasi 2012
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa. Karena rahmat dan hidayah-Nya, penulis diberi kemudahan untuk mengerjakan tugas
softskill Ilmu Sosial Dasar dengan judul ”Ilmu
Sosial Dasar” Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas softskill
pada tingkat 1.
Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam makalah
ini, maka dari itu saran dan kritik sangat diharapkan guna perbaikan penulisan
di masa yang akan datang.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu proses pembuatan karya tulis ini, yaitu :
1.
Allah
S.W.T yang telah melindungi dan menemani
penulis setiap saat.
2. Kedua orang tua penulis yang selalu memberikan perhatian
dan motivasi serta doa setiap saat.
3. Ibu Ira Windarti, selaku dosen Ilmu Sosial Dasar. Yang
telah menjelaskan tata cara pembuatan makalah ini.
4. Teman-teman 1KA19 yang selalu mengingatkan tugas.
5. Dani Dwi Darmawan, yang selalu memberikan semangat kepada
penulis.
6. Semua pihak yang
tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah membantu dalam
menyelesaikan makalah ini.
Demikianlah makalah ini , harapan penulis sangat
sederhana, yaitu semoga para pembaca makalah ini akan mendapatkan banyak
informasi dan pengetahuan yang baru dari makalah ini.
Depok, 16 Oktober 2012
Penulis,
Andika Dwi Cahyani
ABSTRAKSI
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang
mengkaji tentang masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi social, sosiologi, antropologi sosial,
ilmu politik, ekonomi, sejarah dll.
Ilmu sosial dasar bertujuan bertujuan
untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah –
masalah sosial yang ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya. menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya
secara kritis dan interdisipliner. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang
ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar didasari oleh konsep sosial yang dibatasi pada konsep dasar
atau elementer, kemudian masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, serta kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama.
DAFTAR ISI
-
KATA
PENGANTAR
-
ABSTRAKSI
-
DAFTAR
ISI
-
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Pembatasan Masalah
1.4 Tujuan Penulisan
1.5 Manfaat Penulisan
1.6 Metodologi Penulisan
- BAB II LANDASAN TEORITIS
2.1
Definisi Ilmu Sosial Dasar
2.2
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
2.3
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
2.4
Hubungan Ilmu Sosial Dasar dan IPS(Ilmu Pengetahuan Sosial)
- BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
3.2
Saran
- DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ilmu
Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya
masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi
social, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, sejarah dll.
Selain itu Ilmu Sosial Dasar merupakan
suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan
dasar tentang konsep- konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala
sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa
dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Ilmu sosial dasar bertujuan untuk membantu perkembangan
wawasan pemikiran dan kepribadian agar wawasannya lebih luas. khususnya
berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia
lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang
bersangkutan secara timbal balik.
1.2 Perumusan Masalah
Dari latar belakang yang
sudah dibuat, dapat dirumuskan dengan pertanyaan, sebagai berikut:
1.
Pengaruh Ilmu Sosial Dasar
terhadap kehidupan sehari-hari?
2.
Tujuan ada nya Ilmu Sosial
Dasar?
1.3 Pembatasan Masalah
Dari
masalah diatas dapat dibatasi yaitu “Pengaruh dan Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar
terhadap kehidupan sehari-hari”
1.4 Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui pengaruh
dari Ilmu Sosial Dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Untuk mengetahui tujuan
mempelajari Ilmu Sosial Dasar.
1.5 Manfaat Penulisan
Manfaat Penulis
1.
Dapat mengetahui pengaruh
dari Ilmu Sosial Dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Lebih paham tentang Ilmu Sosial
Dasar
Manfaat Umum
1.
Menambah pengetahuan tentang
Ilmu Sosial Dasar.
2.
Mengetahui lebih jauh
tentang Ilmu Sosial Dasar.
1.6 Metodologi Penulisan
Metode penulisan yang
digunakan dalam makalah ini, yaitu metode deskripsi analisi. Metode tersebut
merupakan metode yang memberikan gambaran objektif serta membahasnya secara
lengkap yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari website.
BAB II
LANDASAN TEORITIS
2.1 Definisi Ilmu Sosial Dasar
3.
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah
pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan
oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori)
yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial
seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
2.2
Tujuan
Ilmu Sosial Dasar
1.
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap
untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya
mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu
pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
2.3
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
a. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat,
yang secara bersama-sama merupakan maslah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan
social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social.
Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut
pandangnya.
b. Konsep-konsep sosial atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep
dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari
masalah-masalah sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya
konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan sosial. Bertolak dari kedia konsep
tersebut diatas, Maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu
terdapat:
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupu kelompok.
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupu kelompok.
2). Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat
dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :
a) Konsep sosial dibatasi pada konsep dasar
atau elementer saja yang bertujuan untuk mempelajari masalah-masalah sosial
yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
b) Masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang
memiliki suatu keterkaitan antara satu dengan yang lain.
c) Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu, dan dalam kenyataannya
kenyataan sosial tersebut sering
ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial, hal tersebut dikarenakan
adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
2.4
Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai
beberapa persamaan dan perbedaan, yaitu sebagai berikut:
·
Persamaan
dari ISD dan IPS antara lain:
- ISD dan IPS merupakan bahan studi untuk program pembelajaran
- ISD dan IPS mempunyai materi yang sama,
yakni materi yang terdiri dari masalah dan kenyataan sosial
·
Perbedaan
ISD dan IPS antara lain:
- Ilmu sosial dasar diberikan pengajar di
tingkat universitas atau perguruan tinggi. Sedangkan Ilmu pengetahuan sosial
umumnya diberikan untuk tingkat sekolah seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah
Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA)
- Ilmu Sosial Dasar lebih diarahkan kepada
pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial lebih
diarahkan ke dalam pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jadi, dapat
disimpulkan Ilmu Sosial Dasar merupakan pengetahuan
yang mengkaji masalah-masalah sosial, yang bertujuan untuk memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang
ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap masalah-masalah sosial dan
tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. menyadari bahwa
setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan
hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner. memahami
jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat.
3.2 Saran
Sebaiknya
Ilmu Sosial Dasar harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar tingkat
sosial dan komunikasi terhadap masyarakat dan orang-orang lainnya dapat
terjalin dengan baik .
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar