Kamis, 29 November 2012

Makalah ISD “ILMU SOSIAL DASAR”

 

Andika Dwi Cahyani
1KA19
Sistem Informasi 2012


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena rahmat dan hidayah-Nya, penulis diberi kemudahan untuk mengerjakan tugas softskill Ilmu Sosial Dasar dengan judul ”Ilmu Sosial Dasar” Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas softskill pada tingkat 1.
Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini, maka dari itu saran dan kritik sangat diharapkan guna perbaikan penulisan di masa yang akan datang.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan karya tulis ini, yaitu :
1.      Allah S.W.T  yang telah melindungi dan menemani penulis setiap saat.
2.      Kedua orang tua penulis yang selalu memberikan perhatian dan motivasi serta doa setiap saat.
3.      Ibu Ira Windarti, selaku dosen Ilmu Sosial Dasar. Yang telah menjelaskan tata cara pembuatan makalah ini.
4.      Teman-teman 1KA19 yang selalu mengingatkan tugas.
5.      Dani Dwi Darmawan, yang selalu memberikan semangat kepada penulis.
6.       Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikianlah makalah ini , harapan penulis sangat sederhana, yaitu semoga para pembaca makalah ini akan mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan yang baru dari makalah ini.
Depok,  16 Oktober 2012

     Penulis,
Andika Dwi Cahyani
ABSTRAKSI

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang mengkaji tentang masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi social, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, sejarah dll.
Ilmu sosial dasar bertujuan bertujuan untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan  masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar didasari oleh konsep sosial yang dibatasi pada konsep dasar atau elementer, kemudian masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, serta kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama.

  
DAFTAR ISI

-          KATA PENGANTAR
-          ABSTRAKSI
-          DAFTAR ISI
-          BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Pembatasan Masalah
1.4  Tujuan Penulisan
1.5  Manfaat Penulisan
1.6  Metodologi Penulisan
- BAB II LANDASAN TEORITIS
            2.1 Definisi Ilmu Sosial Dasar
            2.2 Tujuan Ilmu Sosial Dasar
            2.3 Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
            2.4 Hubungan Ilmu Sosial Dasar dan IPS(Ilmu Pengetahuan Sosial)
- BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan
            3.2 Saran
- DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi social, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, sejarah dll.

Selain itu Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep- konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Ilmu sosial dasar bertujuan untuk membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar wawasannya lebih luas. khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.


1.2  Perumusan Masalah
Dari latar belakang yang sudah dibuat, dapat dirumuskan dengan pertanyaan, sebagai berikut:
1.      Pengaruh Ilmu Sosial Dasar terhadap kehidupan sehari-hari?
2.      Tujuan ada nya Ilmu Sosial Dasar?

1.3  Pembatasan Masalah

Dari masalah diatas dapat dibatasi yaitu “Pengaruh dan Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar terhadap kehidupan sehari-hari”

1.4  Tujuan Penulisan

1.      Untuk mengetahui pengaruh dari Ilmu Sosial Dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Untuk mengetahui tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar.

1.5  Manfaat Penulisan

Manfaat Penulis
1.      Dapat mengetahui pengaruh dari Ilmu Sosial Dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Lebih paham tentang Ilmu Sosial Dasar

Manfaat Umum
1.      Menambah pengetahuan tentang Ilmu Sosial Dasar.
2.      Mengetahui lebih jauh tentang Ilmu Sosial Dasar.

1.6  Metodologi Penulisan

Metode penulisan yang digunakan dalam makalah ini, yaitu metode deskripsi analisi. Metode tersebut merupakan metode yang memberikan gambaran objektif serta membahasnya secara lengkap yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari website.



BAB II
LANDASAN TEORITIS

2.1      Definisi Ilmu Sosial Dasar
3.     
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.

2.2        Tujuan Ilmu Sosial Dasar

1.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.   Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
4.     Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan  masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


2.3            Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

a. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. 

b. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan sosial. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas, Maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat: 
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupu kelompok.

2). Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.

            Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :

a) Konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang bertujuan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
b) Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang memiliki suatu keterkaitan antara satu dengan yang lain.
c) Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu, dan dalam kenyataannya kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial, hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.

2.4  Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai beberapa persamaan dan perbedaan, yaitu sebagai berikut:
·         Persamaan dari ISD dan IPS antara lain:
- ISD dan IPS merupakan bahan studi untuk program pembelajaran
- ISD dan IPS mempunyai materi yang sama, yakni materi yang terdiri dari masalah dan    kenyataan sosial

·         Perbedaan ISD dan IPS antara lain:
- Ilmu sosial dasar diberikan pengajar di tingkat universitas atau perguruan tinggi. Sedangkan Ilmu pengetahuan sosial umumnya diberikan untuk tingkat sekolah seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA)
- Ilmu Sosial Dasar lebih diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial lebih diarahkan ke dalam pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

 
BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Jadi, dapat disimpulkan Ilmu Sosial Dasar merupakan pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, yang bertujuan untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan  masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

3.2    Saran
Sebaiknya Ilmu Sosial Dasar harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar tingkat sosial dan komunikasi terhadap masyarakat dan orang-orang lainnya dapat terjalin dengan baik .  


DAFTAR PUSTAKA



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar